Beberapa Tumbuhan Herbal yang Kerap Dimanfaatkan

Ada banyak tumbuhan herbal yang bisa kamu ketahui, terlebih lagi kita sebagai negara tropis memang menyimpang banyak tanaman yang mempunyai khasiat mengobati.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin healty99.com tentang beberapa tanaman herbal atau obat yang memiliki rasa pahit. Jangan salah, beberapa tumbuh tumbuhan yang mempunyai rasa pahit mempunyai khasiat yang super dibaliknya.

Lantas apa saja tanaman tersebut, yuk kita simak. Berikut diantaranya :

  1. Sembung.

Sembung atau capo (Blumea balsamifera) termasuk dalam kategori tumbuhan liar herbal yang menyimpan banyak khasiat, tempat habitat utama tumbuhan ini dapat di temui dengan mudah di hutan, semak belukar, kebun, pingiran sungai atau tebing, bahkan di sekeliling lingkungan pun terkadang dapat di temui.

Mungkin sebagian dari kalian belum atau jarang menggunakan tanaman sembung sebagai obat tradisional, hal tersebut wajar saja pasalnya tanaman satu ini memang lebih sering di anggap gulma penggangu ketimbang menggunakan khasiatnya.

  1. Pohpohan

Ada yang familiar dengan tanaman satu ini? Pohpohan (Pilea melastomoides) adalah tanaman yang tersebar mulai dari kawasan Vietnam, Taiwan, India, Indonesia, Sri Lanka dan daratan Tiongkok terutama yang beriklim tropikal.

Pohpohan merupakan tumbuhan semak rimbun dari family Urticaceae yang di budidayakan untuk di manfaatkan bagian daunya, daunya gunakan dalam olahan masakan, campuran salad dan yang paling utama sebagai lalapan pelengkap saat makan.

Jika kamu penasaran dengan bagaimana bentuk dari daun Pohpohan, sekilas bentuknya hampir sama terlihat seperti daun sirih hijau. Namun memiliki sedikit perbedaan di mana daun Pohpohan mempunyai tekstur lebih kasar dan bergerigi pada permukaan pinggiran daunya.

Daun satu ini sangati baik untuk pencernaan karena dapat mengatasi masalah sembelit dan sakit perut.

  1. Kemangi.

Tanaman herbal daun selanjutya yaitu kemangi, kemangi merupakan jenis tanaman terna semak yang biasa di konsumsi sebagai lalapan saat menyantap hidangan. Kemangi dapat di bedakan dengan ciri yang khas yaitu mempunyai aroma kuat karena kandungan sitral pada daun dan tangkainya.

Pemanfaatan tanaman kemangi biasanya sekedar hanya sebagai lalapan saja, namun terkadang adapun yang menggunakan sebagai obat tradisional dan campuran bahan dalam masakan. Beberapa khasiat daun kemangi ialah meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mengatasi masalah peradangan dan mencegah infeksi.

  1. Akar Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang populer digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan obat tradisional.

Jahe mengandung senyawa aktif kuat bernama gingerol yang mampu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing karena vertigo, hingga mengurangi sakit akibat nyeri haid serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik.

Gingerol juga dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika ingin menggunakan jahe sebagai obat herbal, pilihlah yang segar. Senyawa gingerol paling banyak dan paling kuat ditemukan dalam jahe segar ketimbang jahe bubuk. Bubuk jahe di pasaran juga biasanya sudah diolah dengan banyak gula tambahan. Simpan jahe dalam wadah tertutup rapat, simpan di tempat kering dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

  1. Daun sirih.

Daun sirih, siapa yang tidak mengenalnya. Manfaat daun sirih sudah tidak di ragukan lagi terlebih untuk kesehatan manusia. Sirih atau Piper merupakan tumbuhan merambat yang di ketahui berasal dari Indonesia, kebanyakan sirih di tanaman sebagai hiasan di perkarangan rumah yang tentu saja untuk di manfaatkan bagian daunya.

Daunya mengandung minyak atsiri berupa seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kavikol yang bersifat mampu membunuh kuman, antifungi, antibakteri, antiseptik serta antiradang. Beberapa manfaat dari daun sirih yang di yakini yaitu mengatasi asma, batuk, demam berdarah, masalah keputihan, luka kulit, penyakit kulit, bau mulut, radang gusi, pendarahan di hidung (mimisan) serta masih banyak lagi.

healty99.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *